Posbakumadin

Posbakumadin adalah tempat layanan bantuan hukum litigasi dan non litigasi yang berada di Rumah Tahanan Negara, Lembaga Pemasyarakatan, Lembaga Penempatan Anak Sementara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak.

Siapa yang berhak memperoleh bantuan hukum?

Setiap orang atau kelompok orang miskin atau kuasanya yang tidak termasuk Pemberi Bantuan Hukum atau keluarganya yang mengajukan permohonan Bantuan Hukum.

Siapakah pemberi bantuan hukum?

Pemberi Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang atau organisasi kemasyarakatan atau lembaga bantuan hukum terakreditasi yang memberi layanan bantuan hukum secara cuma-cuma berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Jenis-jenis Bantuan Hukum

Jenis pemberian bantuan hukum berupa litigasi dan non-litigasi.

Litigasi:

  1. Pendampingan perkara perdata,
  2. Pendampingan perkara pidana,
  3. Pendampingan perkara tata usaha negara.

Non Litigasi:

  1. Penyuluhan Hukum
  2. Konsultasi Hukum
  3. Penelitian Hukum
  4. Drafting (Penyusunan) dokumen hukum

Syarat-Syarat Memperoleh Bantuan Hukum

  1. Identitas pemohon dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan/atau dokumen lain yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang,
  2. Uraian singkat perkara yang dimohonkan bantuan hukum,
  3. Surat Keterangan Miskin atau dokumen pengganti diantaranya berupa:
    1. Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat,
    2. Kartu Bantuan Langsung Tunai,
    3. Kartu Keluarga Serjahtera,
    4. Kartu Beras Miskin,
    5. Kartu Indonesia Pintar,
    6. Kartu Keluarga Sejahtera,
    7. Kartu Perlindungan Sosial,
    8. Surat Pengganti Keterangan Miskin (SPKM) diantaranya yang diterbitkan oleh:
      • Kepala Kepolisian bagi tahanan tingkat penyelidikan dan penyidikan,
      • Kepala Kejaksaan Negeri tahanan tingkat penyidikan atau penuntutan,
      • Kepala Rumah Tahanan Negara bagi tahanan dan narapidana,
      • Kepala Lembaga Pemasyarakatan bagi tahanan dan narapidana,
      • Kepala Lembaga Penempatan Anak Sementara bagi tahanan anak berkonflik dengan hukum
      • Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak bagi narapidana anak,
      • Ketua Pengadilan Negeri pada tingkat pemeriksaan persidangan,
      • Pimpinan atau Direktur Pemberi Bantuan Hukum terakreditasi yang diketahui oleh Kepala atau Pimpinan instansi terkait.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi Website Posbakumadin.

1 Comment

  1. Jakarta, 17 Mei 2017
    Kepada Yth,
    Sekretaris Perusahaan
    PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
    Jl. Jend Sudirman Kav. 1
    Jakarta 10220
    Perihal : Pemulihan Nama Baik
    Dengan hormat,
    Yang bertanda tangan dibawah ini :
    Nama : Lutfiansyah
    Alamat : Jl. Mandor Basyir 2/49 RT 004 RW 08
    Kelurahan Kukusan Kecamatan Beji Depok
    Pekerjaan : Karyawan LKBN ANTARA
    Pertama tama saya sampaikan terima kasih atas diterimanya surat ini, pada kesempatan saya
    sebagai debitur dari Bank BNI 46 mohon untuk dapat diputihkan nama baik terkait status Kol 5
    BI Cecking pada Bank BNI 46 terhadap nama saya.
    Tahun 2003 – 2006 saya mengajukan kredit fleksi pada Bank BNI 46 Cabang Gambir dengan
    pembayaran ferrol/pembayaran potong gaji, pada saat lunas tahun 2006 saya oleh Bapak Cahyo
    waktu itu bagian kredit Bank BNI 46 Cabang Gambir hanya diberikan tanda terima jaminan saja
    dan ijazah tidak diberikan ( ijazah dapat diambil kapan saja) dan tidak diberikan SURAT
    LUNAS atas pinjaman tersebut.
    Saat ini saya sedang memerlukan uang dan kembali mengajukan pinjaman kepada Bank BNI
    Cabang Gambir, alangkah terkejutnya saya ditolak karena status Kol 5, dan 2 Minggu
    setelahnya saya coba kembali mengajukan ke BNI Cabang Depok tetapi juga di tolak dengan
    alasan status Kol 5 tersebut.
    Saat saya mengajukan kredit di BNI Cabang Gambir awal April 2017 saya diarahkan untuk
    meminta surat lunas dari BNI Landmark, dan akhirnya surat lunas saya dapatkan dan sempat
    menanyakan status pinjaman saya di Bank BNI 46, petugas disana Ibu Roma, Bapak Yudit
    mengatakan bahwa status pinjaman open belum ditutup tetapi angsuran 0 dan tunggakan juga 0
    lalu apakah bisa saya mengajukan kredit kembali dan dijawab bisa karena tidak ada tunggakan
    atau kredit yang bermasalah, tetapi kenyataannya 2 kali saya mengajukan pinjaman yang
    pertama di Bank BNI Cabang Gambir dan di Bank BNI Cabang Depok saya ditolak dengan
    alasan status Kol 5 tersebut.
    Saya sebagai debitur merasa dirugikan nama baik oleh Bank BNI 46 karena saat pinjaman fleksi
    saya lunas tahun 2006 saya tidak diberikan SURAT LUNAS dan selama kurun waktu tersebut
    pihak BNI 46 tidak pernah memberitahukan melalui surat ke alamat rumah maupun kantor.
    Pada kesempatan ini saya sangat mengharapkan agar Bank BNI 46 dapat memulihkan nama baik
    saya secepatnya ( tidak harus menunggu selama 1tahun atau seumur hidup ) karena kesalahan
    bukanlah pada saya pribadi tetapi karena lalainya petugas BNI 46 memberikan surat lunas
    tersebut ( karena saya tidak mengetahui bahwa kalau setiap pinjaman ada surat lunasnya karena
    pinjaman tersebut dibayarkan melalui pemotongan gaji/ferrol)
    Demikianlah sruat ini saya sampaikan, atas bantuannya saya sampaikan terima kasih
    Tembusan :
    1. Kacab

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*